8 March 2017

Sejarah Singkat

Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Baitul Arqom Al-Islami yang berkedudukan di Lemburawi, ciparay, Kabupaten Bandung ini bisa di katakana sebagai pelopor atas pendirian perguruan–perguruan tinggi yang ada di Kabupaten Bandung. Sebelum menjadi STAI, pada awalnya berdiri pada tahun 1986 perguruan ini bernama sekolah tinggi ilmu syari’ah ( STIS ). Pada tahun 1989 berubah menjadi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) dan di kuatkan dengan Surat Keputusan Menteri Agama RI tahun 1991.

Sesuai peraturan yang berlaku pada tahun 1994, nama STIT berubah lagi menjadi STAI. Hal ini berdasarkan Surat Keputusan Menteri Agama Republik Indonesia Nomor  : 461 tahun 1996 tanggal 30  September tahun 1996 tentang perubahan nama dan penetapan kembali Status Terdaftar Program Strata Satu ( S1 ) Jurusan Pendidikan Agama Islam Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) Baitul Arqom Al-Islami Ciparay Bandung menjadi Jurusan Pendidikan Agama Islam  ( Tarbiyah ) Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Baitul Arqom Al-Islami Ciparay Bandung serta Pemberian Status Terdaftar Strata Satu ( S1 ) Jurusan Ahwal Al-Syakhsyiyyah ( Syari’ah ) Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Baitul Arqom Al-Islami Ciparay Bandung.

Jadi awalnya STAI Baitul Arqom memiliki dua program studi yang sudah mendapat status dari pemerintah yaitu Tarbiyah dengan konsentrasi Pendidikan Agama Islam ( PAI ) dan Ahwal Al-Syakhsyiyyah ( Syari’ah ). Namun demikian syari’ah kurang mendapat perhatiaan dari para calon mahasiswa jadi animo peminatnya kurang. Hingga sekarang yang beroprasi adalah Prodi Pendidikan Agama Islam ( PAI ).

Sekolah Tinggi Agama Islam ( STAI ) Baitul Arqom Kabupaten Bandung sebagai pengurus tinggi di lingkungan Kementrian Agama yang didirikan dan kembangkan oleh masyarakat, sejak didirikan dan perkembangannya merupakan hasil perjuangan yang sudah lama dirintis oleh para tokoh umat islam. Dengan digulirkannya kebijakan pemerintah dalam mengembangkan Pendidikan Tinggi Islam Swasta ( PTAIS ), menjadi peluang bagi didirikannya didirikan STAI Baitul Arqom Kabupaten Bandung  yang  mulai di rintis sejak tahun 1986, oleh panitia pendirian STAI dan direkomendasikan oleh Ketua Yayasan.

Selanjutnya setelah melalui proses cukup panjang dengan berbagai usaha dari para penggagas, maka terbitlah Surat Keputusan Status Terdaftar Bagi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah ( STIT ) Baitul Arqom tahun 1991. Dan terakhir sebagai pegangan dalam oprasional pendidikan, STAI Baitul Arqom berpedoman pada Surat Keputusan Direktur Jenderal Pendidikan Islam Kementrian Agama Republic Indonesai Nomor: Dj.I/435/2010 tanggal 12 juli 2010. Kemudian diikuti oleh pengakuan dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi ( BAN-PT ), STAI Baitul Arqom sudah terakreditasi berdasarkan Surat Keputusan BAN-PT Nomor:  036/BAN-PT/AK-XIII/S1/I/2011 Tanggal 7 januari 2011.